Followers

Search This Blog

Loading...

JOM LAYAN " OMBAK RINDU".

Saturday, January 8, 2011

Satu-satunya Kota di dunia yang Dikelilingi 5 Gunung


Indonesia adalah satu-satunya negara yang terletak di antara dua patahan lempengan bumi, jadi tak heran jika di Indonesia banyak sekali gunung dan pegunungan. Berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus gunung berjajar dari ujung barat nusantara sampai ujung timur nusantara.

Dan dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia. muncul fenomena menarik yang hanya ada satu di dunia. Adalah kota Magelang yang menjadi fenomena tersebut. Kenapa ? Karna magelang adalah satu-satunya Kota yang dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus. Yaitu gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, dan Menoreh. Oleh karena itu maka tak mengherankan jika magelang menjadi salah satu kota tersejuk dan paling aman dari banjir.

Magelang juga mempunyai banyak tempat pelancungan antara lain :
Candi Borobudur, Air Terjun Kedung Kayang, wisata Arung Jeram, Telaga Bleder dll. Bagi Anda yang senang dengan wisata bahari jangan pernah coba-coba datang ke Magelang, karena Magelang tidak langsung berbatasan dengan pantai, maka Magelang tidak mempunyai wisata bahari



magelang juga terkenal karna keindahan alamnya yang sangat menarik hati. banyak sekali obyek wisata alam yang bisa anda temukan di kota dan kabupaten magelang. Baik berupa Air terjun, kedung, bukit, dan pegunungan.




Tiga gunung berderet menjadi perisai kota magelang di bagian timur, yaitu Merabu, Merbabu, dan Menoreh. sedangkan dua lainya berada di bagian barat dan selatan kota magelang.


Berikut adalah penampakan lima gunung yang mengelilingi kota magelang


1. Gunung Merapi



2. Gunung Merbabu



3. Gunung Menoreh



4. Gunung Sumbing





5. Gunung Telomoyo



Karna kota magelang terletak di antara 5 gunung, maka daerah di kota magelang dan sekelilingnya menjadi daerah yang sangat subur dan sangat sesuai untuk pertanian. Dan atas karunia inilah maka kemudian setiap tahun diadakan festival lima gunung yang diadakan di daerah magelang (setiap tahun berganti tempat).


Kesohoran magelang karna dikelilingi 5 gunung inilah yang mengilhami TNI Indonesia nutuk memberi nama kompleks perumahan prajuritnya dengan nama komplek perumahan Panca Arga (Panca=lima, Arga=gunung).

No comments:

Post a Comment