Followers

Search This Blog

Loading...

JOM LAYAN " OMBAK RINDU".

Saturday, October 1, 2011

Omega-3 Terbukti Mampu Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi Anda yang menerapkan pola hidup sehat pasti mengenal pula tentang kandungan nutrisi dalam makanan yang sehat. Ada beberapa kandungan nutrisi dalam makanan sehat yang kita konsumsi, salah satunya adalah asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang harus tersedia dalam daftar menu harian Anda, sebab baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Lain Omega-3
Asam lemak Omega-3 merupakan lemak tak jenuh dengan jenis yang sangat baik. Asam lemak Omega-3 berperan menuruhkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat membantu jantung Anda tetap sehat dan menghindarkan Anda dari penyakit jantung koroner. Namun, tak hanya sampai di situ manfaat Omega-3 bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di American Journal of Nutrition, Asam lemak Omega-3 ternyata juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit diabetes.

Berdasarkan data dari WHO, penderita penyakit diabetes di seluruh dunia mencapai 220 juta penderita dan yang meninggal mencapai 3,4 juta penderita setiap tahunnya. WHO memperkirakan jumlah penderita meninggal akan bertambah dua kali lipat, antara rentang waktu 2005 sampai dengan 2030. Cukup memprihatinkan bukan?

Sumber Omega-3

Sumber Omega-3 bisa didapat dari berbagai macam jenis ikan laut seperti pada ikan tuna, ikan sarden ataupun ikan salmon. Namun, penelitian yang dilakukan oleh Singapore Chinese Health Study dan ShangHai Health Studies terhadap 150.000 orang yang terdiri dari pria dan wanita, menemukan bahwa kandungan Omega-3 yang juga terdapat pada sayur dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, papaya dan buah labu ternyata dapat membantu menurunkan risiko diabetes sebesar 21%. Karena di dalam sayuran dan buah-buahan terdapat Alpha Linoleac Acid, yaitu kandungan Omega-3 yang hanya terdapat pada tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan.

Sedangkan penelitian dari American Health Study, yang dilakukan pada 3.000 orang pria dan wanita paruh baya, menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi sumber Omega-3 baik dari tumbuhan (sayuran dan buah-buahan) ataupun sumber Omega-3 hewani (ikan tuna, ikan sarden ataupun ikan salmon) dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2x lipat dan dapat juga dijadikan sebagai perawatan bagi penderita diabetes.





No comments:

Post a Comment